Kamis, 17 Februari 2011

10. Meniti Kesempurnaan Iman

10.  Pernyataan Abdullah Bin Baz bahwa menyembelih binatang dengan selain nama Allah adalah haram. Di antara yang dapat membatalkan tauhid, menyembelih atas nama selain Allah, baik waliwali, setan-setan ataupun jin dengan maksud mengambil manfaat atau menghindarkan madharat dari mereka. Ini adalah syirik besar (akbar). Sebagaimana tidak dibenarkan menyembelih atas nama selain Allah, tidak dibenarkan pula menyembelih di tempat penyembelihan atas nama selain Allah, sekalipun dengan niat menyembelih karena Allah. Hal ini adalah dalam rangka menutup jalan yang dapat membawa kepada kesyirikan.

Tanggapan Habib Munzir Al Musawa mengenai penyembelihan binatang dengan Nama selain Allah. Diriwayatkan bahwa para sahabat membawa daging sembelihan, seraya berkata:  “Wahai Rasulullah, orang- orang membawakan kami daging sembelihan yang tidak kami ketahui apakah disembelih dengan nama Allah atau tidak? maka Rasul saw bersabda “Makanlah, dan kalian sebutlah nama Allah dan makanlah” (Shahih Bukhari).
Al Imam Ibn Hajar Al Asqalaniy menjelaskan bahwa dengan hadits ini bahwa menyebut nama Allah dalam menyembelih adalah bukanlah wajib (Fathul Bisyarah shahih Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar